Cara Roasting Kopi, Kesempurnaan Hasil

Cara kita melakukan roasting pada kopi akan menentukan hasil dari kopi yang akan kita minum. Proses ini meliputi pemanggangan untuk mengubah biji kopi kering 11% menjadi biji coklat gelap yang siap di tumbuk.

Kenapa Di Roasting?

Memanggang adalah proses panas yang mengubah kopi menjadi kacang coklat gelap yang harum yang kita kenal dan cintai. Cara Kita me roasting kopi akan menentukan apakah kita bisa memunculkan aroma dan rasa yang terkunci di dalam biji kopi.

Kopi lebih baik memang disimpan mentah tanpa dipanggang agar rasa dan aromanya tidak hilang. Sebelum dipanggang kacang ini bertekstur lembut dan kenyal bila digigit.

Memanggang Adalah Seni Dan Sains

Teorinya, dibutuhkan pelatihan bertahun-tahun untuk menjadi ahi roaster dengan kemampuan membaca biji kopi dan membuat keputusan dalam waktu sepersekian detik.

Anda harus terus menerus melatih insting anda sehingga anda menemukan cara roasting kopi yang cocok dengan gaya anda.

Ketahui Biji Kopi Panggang Anda

Perlu diketahui sebagian besar alat roasting atau pemanggangan memiliki nama-nama sendiri yang dianggap sesuai dengan alat mereka. Tidak ada standarisasi khusus untuk ini. Ini pasti akan menimbulkan kebingungan tersendiri. Namun secara umum, biji kopi panggang masuk dalam 4 kategori warna: terang, sedang, sedikit gelap dan gelap.

Banyak konsumen beranggapan bahwa biji kopi yang menghasilkan kafein lebih tinggi berasal dari biji yang gelap. Tetapi kenyataannya proses roasting kopi yang menghasilkan kopi yang sedanglah yang memiliki konsentrasi lebih tinggi.

Pilihan untuk cara roasting kopi sehingga menghasilkan biji kopi yang matang sempurna sangat dipengaruhi preferensi nasional, lingkungan atau lokasi geografis. Tidak ada pakem tunggal mana yang lebih enak dan lebih bagus.

Dalam empat kategori warna, Anda mungkin menemukan biji yang terpanggang seperti penjelasan berikut ini. Namun ada baiknya anda bertanya kepada produsen roaster. Seperti yang sudah saya ungkapkan, tidak ada standarisasi khusus antar produsen ini terkait ukuran-ukuran dan penamaan yang mereka berikan. Istilah dibawah ini saya ambil dari salah satu produsen mesin roasted di Amerika, sehinga namanya mungkin asing bagi anda.

Roasted Ringan

Biji ini berwarna cokelat muda. Lebih disukai konsumen yang mengkonsumsi varietas kopi yang lebih ringan.

Bila anda menyeduhnya, anda tidak akan menemukan minyak di permukaan air seduhan. Ini dikarenakan proses pemanggangan yang sebentar sehingga minyak yang terkandung didalam biji kopi tidak sempat keluar menembus membran sel kopi.

Light of City, Half City atau Cinnamon

Hasil biji kopi yang diroasting berwarna coklat sedang dengan rasa yang sedikit lebih kuat. Minyak agak sedikit muncul di permukaan karena proses pemanggangan yang dilakukan berhasil mendorong minyak keluar dari membran selnya.

Disebut juga dengan daging panggang karena type kopi ini lebih disukai di Amerika. Amerika sendiri sebetulnya termasuk negara yang cukup homogen dalam hal kesukaan terhadap kopi. Berbeda dengan Eropa yang lebih prefer akan berbagai citarasa kopi dan bisa berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lain. Indonesia? Kita adalah pemain kopi di masa-masa awal pertumbuhan bisnis kopi ini.

Namun sebagai peminum kopi, orang indonesia bukan picky. Cukup dengan satu sachet kapal api atau nescafe, kebutuhan kopinya sudah cukup. Hahahaha.

American Breakfast City

Biji kopi pada kategori ini berwarna lebih sedikit gelap Minyak yang muncul di permukaan lebih banyak karena proses pemanggangan mendorong semua minyak keluar dari membran selnya.

Rasa seduhannya agak sedikit pahit. Disebut american breakfast karena menjadi konsumsi wajib di pagi hari di rumah tangga sana. Aromanya yang tajam dianggap mampu membangunkan seluruh ruh tubuh, eaaaaa.

Full City

Nah anda pasti sudah menduga maksud dari istilah ini. Yup, biji kopi akan berwarna gelap sekali. Minyak yang muncul dan rasa pahitnya cukup nendang.

Perlu diketahui, semakin gelap biji kopi yang dipanggang, tingkat keasamannya akan semakin sedikit ketika bercampur dengan air panas dan diseruput dengan pisang goreng (jadi pengen).

Nah, sejumlah tingkat kematangan kopi ini semoga menjadi pegangan kita dalam menghasilkan biji kopi yang kita inginkan. Mungkin anda terganggu dengan judul karena tidak menemukan cara roasting kopi seperti yang anda inginkan.

Hehe, semuanya ada di dalam mesin roasting kopi yang bisa anda beli. Namun apabila anda ingin roasting kopi sendiri dengan cara konvensional, gunakan wajan yang terbuat dari besi hitam. Biasanya wajan ini dijual di piggir jalan dan dihasilkan oleh pengrajin tradisional,

Cara roasting kopinya cukup dengan api kecil dan diaduk secara perlahan secara terus menerus tanpa berhenti. Sekali anda berhenti, kemungkinan biji yang berada di bawah akan lebih cepat matang dibanding yang diatas sehingga hasilnya tidak merata.

Selamat ngopi bray.

Leave a Reply