Mengapa Kopi Disebut Arabica dan Robusta, Apa Yang Membedakannya

kopikirapa | Mengapa Kopi disebut Arabica dan Robusta? Sebelum saya jawab, saya terangkan bahwa arabica adalah kopi paling populer di dunia – menghasilkan 60% atau lebih dari produksi kopi di dunia.

Apa itu Kopi Arabika?

Kopi Arabika adalah jenis kopi yang dibuat dari biji tanaman arabika Coffea. Disebut Arabika pada abad ke-7 biji kopi dibawa dari Ethiopia ke dataran Arabia yang lebih rendah.

Baca Juga : Berbagai Jenis Mie, Yang Mungkin Kita Tidak Kenal

Di Ethiopia, biji kopi dihancurkan dan dicampur dengan lemak untuk dimakan sebagai stimulan oleh suku Oromo. Kopi lahir begitu tiba di Saudi Arabia. Pertama kalinya disebut sebagai minuman karena diseduh untuk diambil satripatinya. Para sarjana arab menggunakannya untuk membantu memperpanjang jam kerja mereka karena kopi bisa membantu mata mereka terjaga. Dari situlah kopi menyebar ke seluruh dunia.

Karena diseduh pertama kal- di Saudi untuk menjadi minuman kopi yang kita kenal sekarang tidak heran kemudian biji kopi ini disebut dengan arabika atau juga disebut kopi Arab.

Apa itu Kopi Robusta

Kopi Robusta berasal dari pabrik kopi Conilon, yang berada di Afrika Tengah dan Barat. Kopi robusta memenuhi pasokan 40% produksi kopi di seluruh dunia. Robusta biasa digunakan sebagai origin ekspresso karena mengandung dua kali lipat kafein daripada biji kopi Arabika.

Kopi robusta diklasifikasikan sebagai spesies tanaman dalam keluarga rubiaceae. Spesies ini dikenal dengan nama coffea robusta dari Coffea Canephora Plant. Daerah di Afrika dan Brasil dikenal sebagai asal muasal tanaman ini. Di Asia, Vietnam menjadi pengekspor kopi robusta terbesar di dunia.

Dua hal diatas adalah sebab musabab mengapa kopi disebut arabica dan robusta.

Seperti Apa Rasa Kopi Robusta?

Kopi robusta berkualitas tinggi menghasilkan crema beraroma yang digunakan dalam campuran espresso. Ini dapat digambarkan sebagai rasa pahit karena kandungan kafeinnya yang lebih tinggi namun juga disebut menambah kedalaman rasa

Setiap orang memiliki preferensi pribadi dan pengetahuan sendiri tentang minuman kopi. Apapun itu baik arabica dan robusta, keduanya sama-sama memiliki aroma kuat yang membuat anda terlompat dari tempat tidur di pagi hari.

Leave a Reply